JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN KEDUA
JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN KEDUA
Kegiatan pembelajaran Modul 1.2 telah selesai saya ikuti, banyak sekali pemahaman, pembelajaran dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan. Diawali dari materi tentang Dokumen Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah yang di download di LMS Kategori mengembangkan diri dan orang lain Kompetensi 1. Menunjukkan praktik pengembangan diri yang didasari kesadaran dan kemauan pribadi (self regulated learning) 2. Mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar murid (facilitating, coaching, mentoring) 3. Berpartisipasi aktif dalam organisasi profesi kepemimpinan sekolah dan komunitas lain untuk pengembangan karier 4. Menunjukkan kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik Kategori memimpin pembelajaran Kompetensi 1. Memimpin upaya membangun lingkungan belajar yang yang berpusat pada murid 2. Memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid 3. Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid 4. Melibatkan orangtua sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah
Nilai-nilai dan peran
Guru Penggerak dengan menggunakan model refleksi 4P yaitu: Peristiwa (Facts),
Perasaan (Feelings), Pembelajaran (Findings), Penerapan ke
depan (Future) antara lain:
1. Peristiwa (Fact)
Pada minggu terakhir di bulan September saya memulai pembelajaran modul 1.2 tentang nilai-nilai
dan peran Guru Penggerak, Pada modul 1.2 berbeda
dengan modul sebelumnya yaitu modul 1.1 tentang filosofi pemikiran Ki Hajar
Dewantara, dimana materi yang terdapat pada modul 1.2 ini sangat banyak, namun
demikian tidak membuat saya patah semangat walau dalam keadaan sakit saya
berusaha untuk terus mempelajari dan mengikuti alur MERDEKA tentunya berkat
dorongan, motivasi dari fasilitator, pendamping praktik dan rekan CGP.
Materi dalam modul 1.2
ini terbagi menjadi 3 bagian besar yaitu; bagian A tentang Konsep Manusia
Tergerak, bagian B tentang Konsep Manusia Bergerak, dan bagian C tentang Konsep
Menggerakkan Manusia.
Pada alur Merdeka di
modul 1.2 dimulai dengan Mulai dari Diri, dimana disana saya harus
memutar kembali memori saya tentang peristiwa positif dan peristiwa negatif
yang pernah terjadi pada saya dengan digambarkan melalui trapesium usia. Dimulai dari grafik Trapesium usia saya dengan menceritakan pengalaman masa positif dan masa negatif. Selanjutnya pada Eksplorasi Konsep saya berselancar di LMS
dalam modul 1.2, begitu banyak sekali pengetahuan-pengetahuan baru tentang
bagaimana manusia tergerak yang dipengaruhi oleh cara kerja otak dan 5
kebutuhan dasar manusia, kemudian bagaimana manusia bergerak yang
dilatarbelakangi oleh motivasi dalam dirinya (intrinsik) serta sistemik
lingkungan, dan selanjutnya bagaimana menggerakkan manusia yaitu dengan
menuntun kekuatan kodrat manusia.
Pada Ruang Kolaborasi saya
bersama teman-teman CGP dalam satu kelompok kecil menemukenali kekuatan nilai
yang dimiliki oleh masing-masing anggota serta kegiatan apa saja yang telah
dilaksanakan terkait dengan kekuatan nilai yang dimiliki tersebut.
Selanjutnya hasil
kolaborasi kami dalam kelompok kecil, kami Diskusikan dalam ruang Diskusi
bersama kelompok lainnya dengan agenda presentasi dan diskusi, disana banyak
sekali pengetahuan-pengetahuan baru serta nilai-nilai dan peran yang telah
dimiliki oleh rekan CGP lain yang belum ada dalam diri saya, sehingga saya
dapat mengadopsinya sesuai dengan kekuatan nilai yang dimiliki.
Pada Demonstrasi
Kontekstual saya ditugaskan untuk membuat sebuah karya tentang
kegiatan-kegiatan saya sebagai Guru Penggerak di masa yang akan datang.
Selanjutnya Elaborasi
Pemahaman adalah kegiatan diskusi virtual bersama instruktur. Pemaparan disampaikan oleh instruktur dengan sangat
jelas dan terinci sehingga yang tadinya samar menjadi suatu hal yang
mencerahkan dalam pikiran saya tertang nilai-nilai dan peran Guru Penggerak.
Modul 1.1 tentang
filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara terdapat koneksi atau saling berkaitan
dengan modul 1.2 tentang nilai dan peran Guru Penggerak, maka dari itu pada
bagian Koneksi Antar Materi saya mengaitkan antara materi
modul 1.1 dengan materi modul 1.2.
2. Perasaan (Feeling)
Saya berusaha mendalami
materi modul 1.2 ini saya sangat termotivasi untuk melakukan perubahan pada diri
saya. Saya ingin memperbaiki segala kekurangan yang ada pada diri saya,
menumbuhkan nilai-nilai guru penggerak yang belum ada pada diri saya dan
memperkuat nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada pada diri saya. Saya
merasa termotivasi untuk dapat menggerakkan teman sejawat disekolah maupun di
luar sekolah untuk dapat bergerak bersama-sama melakukan perubahan positif
untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Saya bertekad untuk aktif kembali di komunitas MGMP PPKn
3. Pembelajaran (Findings)
Pembelajaran yang saya
dapatkan setelah mempelajari modul 1.2 ini adalah tentang:
a. Cara kerja otak
manusia yaitu kemampuan berfikir cepat dan berfikir lambat. Pendidik sejatinya
harus memiliki kemampuan berfikir lambat sehingga tidak terburu-buru dalam
menilai dan memutuskan sesuatu.
b. 5 Kebutuhan dasar
manusia yaitu; kebutuhan bertahan hidup, kasih sayang dan rasa diterima (
kebutuhan untuk diterima), kekuasaan dan penguasaan (kebutuhan pengakuan atas
kemampuan), kebebasan (kebutuhan akan pilihan), dan kesenangan ( kebutuhan
untuk merasa senang).
c. Tahap perkembangan
psikososial Erik Erikson, diharapkan bahwa kita dapat mengetahui gambaran
tentang pengalaman sosial mereka sesuai tahapan usianya.
d. Nilai-nilai yang
dimiliki oleh Guru penggerak yaitu berpihak pada murid, mandiri, reflektif,
kolaboratif dan inovatif.
e. Profil pelajar
pancasila, dimana terdapat 6 dimensi diantaranya adalah: 1) Beriman, bertakwa
kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong
royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.
f. Peran Guru penggerak
adalah menjadi pemimpin pembelajaran, Menjadi coach bagi guru
lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, menggerak komunitas
praktisi.
4. Penerapan ke Depan (Future)
Setelah mempelajari
tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak, saya berusaha kedepannya untuk:
a. Melaksanakan
pembelajaran yang berpihak pada anak dengan memperbanyak model dan teknik pembelajaran.
b. Secara mandiri saya
akan mengembangkan diri saya dengan mengikuti berbagai pelatihan, seminar,
bimtek atau kegiatan lainnya agar menjadi guru yang berkompetensi melalui jejaring sosial.
c. Berkolaborasi dengan
murid, rekan guru, kepala sekolah, orang tua maupun stekholder atau pemangku
kepentingan pendidikan lainnya untuk kepentingan murid
d. Aktif dalam komunitas MGMP PPKn dengan rutin mengikuti pertemuan
e. Melakukan refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran ataupun kegiatan lainnya dalam upaya perbaikan
diri.
f. Berinovasi dalam
pembelajaran maupun dalam pemanfaatan tekhnologi dan alam sekitar.
g. akan membuat karya ilmiah seperti Best practice, makalah dan buku ilmiah.
Komentar
Posting Komentar